Bank Sampah

Bank Sampah SDIT Al Islam Kudus

"Bersih Sekolahku, Nyaman Belajarku, Khusyuk Sholatku"

 

Berlandaskan Visi yang sangat mulia yaitu "mewujudkan sekolah yang bersih, indah dan sehat sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup", Sekolah Dasar Islam Terpadu yang beralamat di Jalan Veteran 8 Kudus bekerjasama dengan warga sekolah, guru karyawan, siswa-siswi serta komite sekolah membentuk bank sampah. Lokasi bank sampah yang menempati dipojok paling utara areal sekolah dengan dinding serta pintu berterali bercat hijau menambah asri bangunan yang berserbelahan dengan tanaman jagung yang mulai tumbuh.

Dengan program kerja yang cukup beragam diantaranya yang pertama pengelolaan sampah harian. Dengan target menumbuhkan karakter disiplin, peduli lingkungan dan cinta kebersihan peserta didik meletakkan sampah sesuai dengan kategori dan tempat sampah yang disediakan berupa sampah layak kreasi, sampah layak buang dan sampah layak jual.

Kedua program sedekah sampah yaitu peserta didik dan warga sekolah membawa sampah layak sedekah menuju bank sampah yang berada disebelah utara bangunan sekolah. Dengan dibantu dua guru piket yang mencatat, siswa melakukan pemilahan dan memasukkan sendiri kedalam drum sesuai 9 katagori sampah layak sedekah. Setelah merlakukan pemilahan siswa diharuskan untuk mencuci tangannya terlebih dahulu sebelum masuk kelas.Adapun program ketiga pembuatan kompos yang mana targetnya peserta didik bisa membuat kompos, disamping itu terpenuhinya kebutuhan kompos sebagai bahan penunjang penghijauan sekolah. Sedangkan yang keempat, bank sampah sebagai salah satu sarana sumber belajar. Dengan beragam sumber belajar yang ada diharapkan peserta didik memiliki pengalaman yang akan bermanfaat dalam kehidupannya.

 

Adapun 10 sampah layak sedekah yang dikelola oleh SDIT Al Islam adalah sebagai berikut

1. Sampah Atom yang berupa tutup botol, sendok plastik, cakram CD, ember bekas dll.

2. Sampah Pet yang berupa botol kemasan soft drink.

3. Sampah Duplek berupa bekas bungkus susu kotak, kardus snack, dus khajatan dll.

4. Sampah Plastik Refil diantaranya plastik refil bekas minyak goreng, kecap dan plastik pembersih piring.

5. Sampah Kardus Tebal diantaranya kardus mie instan dll.

6. Sampah Alumunium yang berupa bekas minuman kaleng dll.

7. Sampah Botol HDPE berupa botol shampo, botol sabun, botol lotion dll.

8. Sampah PP Warna diantaranya bekas minuman gelas plastik kemasan berwarna.

9. Sampah PP Bening berupa bekas gelas air minum yang bening.

10. Serta yang terakhir sampah Kaleng Bekas berupa kaleng susu, biskuit atau yang lainnya.

Diharapkan dengan sedekah sampah yang dikelola dapat mewujudkan cita-cita bersama yaitu terwujudnya masjid sekolah SDIT Al Islam Kudus. Amiin ya rabbal alamin.

(sk)

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Berita Terbaru

  • Pendaftaran

Galeri Foto

Agenda sehari-hari

Agenda sehari-hari

Bakti Sosial

Halal Bihalal

Out Bond

Out Bond

PKL Siswa

Wisuda SDIT..

Wisuda SDIT..