Petuah 26-28 Agustus 2017

"PETUAH"

"Bersama Allah, aku menjadi pribadi yang Tangguh, Tangkas dan Teguh"

SditNews- Perkemahan Sabtu-Ahad atau disingkat Petuah adalah salah satu program wajib yang dilaksanakan oleh sekolah yang berlokasi di Jalan Veteran Kudus. Acara yang dimulai pukul 13.00 dari Sabtu siang (26/8/2017) sampai Ahad siang 27/8/2017) pukul 09.00 wib, bertujuan untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik khususnya kelas 6, juga memonitoring ibadah dan adab islami yang selama ini sudah dibiasakan. Hal ini disampaikan oleh Koordinator jenjang kelas 6 Ibu Dian Sriyani dalamĀ  manual pelaksanaan acara yang diterima oleh SditNews. Selain itu imbuh pula ibu dua putra dari mas Yasir bahwa Petuah bertujuan "memupuk dan menumbuhkan karakter disiplin, tanggungjawab, mandiri dan kerjasama tim". "Meningkatkatkan ukhuwah antar peserta didik dan guru," diantara tujuan yang diharapkan, pungkas bu Dian di saat persiapan upacara pembukaan Petuah.

Berlokasi di kampus 3 Yayasan Perguruan Al Islam Kudus yang berada di halaman SMK Al Al Islam dan SMPIT Boarding Desa Singocandi Kudus peserta kelas 6 yang berjumlah 141 dibagi menjadi 14 kelompok dengan satu orang guru pendamping.

Sebagaimana jadual bahwa pukul 13.00-13.30 registrasi peserta, kemudian dilanjutkan sampai pukul 15.00 prosesi pendirian tenda. Tampak saat pendirian tenda ada siswa yang belum terbiasa untuk membuat tenda dilapangan. "Ini cara talinya bagaimana pak", tanya mas Atha kepada salah satu pendamping. Ada pula anak yang sudah terbiasa dikarenakan sudah pernah mengikuti Perkemahan Nasional Kemnas di Malang tahun yang lalu.

Setelah sholat Asar berjamaah di Masjid Abdoerrahman Said yang berlokasi disebelah utara area perkemahan, acara berikutnya adalah memasak sore. Kelompok yang sudah terbentuk beberapa hari sebelum pelaksanaan Petuah mulai mengeluarkan barang bawaannya. Ada yang membawa kompor gas mini camping, pisau, telenan, panci, spatula piring plastik dan sendok. Terlihat pula ada yang membawa tahu, tempe, sayur, telur ayam, minyak goreng, bumbu dapur, krupuk dan lain-lain.

Materi malam yang sedianya pukul 8 malam mundur setengah jam dari rencana, dikarenakan karena waktu makan malam setelah sholat Isya dan proses mencuci piring dan perbekalan makan yang menyita waktu.

Bertempat diaula Lantai 2 gedung SMK yang bergandengan dengan gedung oval baru, materi dengan tema 'Pengawasan Allah dalam setiap Aktivitas" dikemas dengan game-game ringanĀ  dengan pembicara Ustadz Muda Nailull Huda, Lc berlangsung dengan santai.

Acara jalan malam merupakan salah satu bagian dari penanaman keimanan kepada Allah swt,, di acara tersebut anak-anak dilepas satu persatu yang sebelumnya sudah dibekali dengan materi dimalam harinya serta pengarahan dari kakak pendamping sesaat jelang pemberangkatan."Nak, senantiasa berdoa dalam setiap aktivitas kita. termasuk jalan malam ini. Apalagi kita akan melalui tempat-tempat yang sebelumnya belum pernah kita lewati. Bapak Ibu Guru kan sudah mengajarkan doanya. untuk senantiasa bertawakal kepada Allah swt. sekarang dipraktekkan doanya, " terang salah satu kakak pendamping yang berpeci putih kemudian meminta membaca doa bersama-sama. (eska)

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Berita Terbaru

  • Pendaftaran

Galeri Foto

Agenda sehari-hari

Agenda sehari-hari

Bakti Sosial

Halal Bihalal

Out Bond

Out Bond

PKL Siswa

Wisuda SDIT..

Wisuda SDIT..