EXTRAKURIKULER

Sepak bola merupakan olahraga populer dunia. Diadakannya ekstra sepak bola di SDIT Al Islam merupakan pintu awal bagi siswa untuk berprestasi dan sebagai wahana untuk menyalurkan bakat. Bermain sepak bola melatih fisik anak-anak menjadi lebih sehat, lincah dan kuat.

Taekwondo merupakan seni bela diri yang dominan menggunakan kekuatan tangan dan kaki untuk melumpuhkan lawan. Belajar seni bela diri taekwondo membentuk generasi muda muslim yang sehat, kuat dan berani membela kebenaran atas kebatilan yang terjadi.

AL ISLAM ARCHERY CLUB (AAC)/Panahan adalah salah satu olahraga yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana hadist Rasulullah, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, serta memanah.” (HR Bukhari/Muslim). Memanah bisa membuat diri kita mendapatkan berbagai manfaat yang bisa diambil. Memanah melatih emosi untuk meletakkan ‘target’ pada satu tujuan. Secara tidak langsung panahan melatih kita untuk belajar tenang serta mengatur emosi.

Robotik – Diera globalisasi saat ini kita dituntut memiliki wawasan luas, kemampuan berpikir, berkreasi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan informasi (IT) dan perkembangan teknologi yang cepat. Ekstra robotik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan kreativitas peserta didik terhadap teknologi.

AL ISLAM GARDENING CLUB (AGC) – Sebagai sekolah Adiwiyata, selain terus membekali pengetahuan tentang lingkungan hidup, SDIT Al Islam juga sangat berkepentingan untuk membekali peserta didiknya dengan berbagai keterampilan yang mendukung program terkait. Salah satunya adalah dengan membekali peserta didik dengan keterampilan berkebun. Bagaimana menyiapkan media tanam, menyemai yang efektif, dan merawat tanaman yang benar? Bisakah kita menjadikan lahan sempit di sekitar kita menjadi sumber sayur mayur bagi keluarga? Dapatkan semua jawaban dan pengalaman praktiknya dengan bergabung bersama AL ISLAM GARDENING CLUB.

ARABIC LANGUAGE COMMUNITY (ALCOM) – Bahasa Arab adalah bahasa surga. Siapa saja yang ingin mendalami Islam secara benar, maka ia harus pandai bahasa Arab. Komunitas ALCOM ini berusaha menunjukkan kepada anak-anak bahwa belajar bahasa Arab itu mudah dan menyenangkan.

Karate – Untuk membentuk para pejuang Islam yang sehat jasmani dan rohani, serta berani mengatakan bahwa yang benar itu benar dan yang salah itu salah, maka kami membekali peserta didik dengan seni bela diri karate. Selain itu, dengan karate, peserta didik dapat menjaga dirinya, keluarganya, serta bangsa dan agamanya dari pihak-pihak yang berniat negatif. Ekstra kurikuler beladiri karate SDIT Al Islam Kudus telah menghasilkan prestasi yang tidak sedikit, terbukti dengan peraihan medali di beberapa event kejuaraan karate baik tingkat kecamatan, kabupaten, maupun provinsi.

Bulu tangkis yang diadakan oleh SDIT Al Islam tahun ini merupakan  salah satu pintu awal bagi para siswa untuk bisa berprestasi dalam bidang bulu tangkis dan sebagai wahana penyalur bakat anak. Oleh karena itu marilah kita berikan kesempatan kepada anak – anak kita untuk bermain bulu tangkis dan berprestasi, karena  lomba bulu tangkis di kota Kudus diadakan minimal tiga kali dalam setiap tahunnya. Maka kesempatan untuk berprestasi terbuka lebar.

Elektro kini tidak lagi menjadi hal yang sulit dan menakutkan lagi meskipun cenderung berhubungan dengan listrik. Pembuatan teknologi tepat guna seperti jemuran berjalan dan penyemprot ruangan otomatis semuanya berhubungan dengan elektro.

ENGLISH CONVERSATION CLUB (ECC) – Seiring dengan perkembangan zaman maka mau tidak mau kita harus bisa menguasai bahasa yang digunakan oleh masyarakat. Salah satunya adalah Bahasa Inggris. Dengan ekstra ECC anak akan bisa mempraktikkan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Dengan ECC dunia di tangan kita.

Hasta karya – Kita hidup dalam masyarakat dan budaya yang beragam. Keragaman budaya dapat ditanamkan melalui pengalaman belajar berkreasi dan berprestasi. Hasta karya diberikan untuk menumbuhkan kepekaan rasa keindahan (estetika) dan artistik, dan juga untuk mewujudkan pengalaman berkreasi dan berapresiasi.

Hasta karya adalah salah satu hasil karya seni rupa yang mempunyai fungsi estetis dan praktis. Praktis sebagai benda pakai yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

KALIGRAFI – Menulis Arab dengan indah merupakan salah satu anugrah yang tidak diberikan kepada setiap anak. Di kelas kaligrafi ini kami memfasilitasi siswa untuk berimajinasi, bereksplorasi dengan keindahan warna warni dan variasi yang lain. Jadi kelas kaligrafi ini adalah perpaduan antara menulis arab dengan bagus dan talenta dibidang menggambar, melukis serta mewarnai. Agar kegiatan ini dapat berjalan optimal, maka dianjurkan setiap siswa membawa peralatan yang dibutuhkan seperti pensil, spidol warna/crayon, spidol besar, buku gambar ukuran A3.

Menggambar adalah media untuk merangsang imajinasi dan kreativitas. Anak-anak memiliki kreativitas yang luar biasa, hal itu karena imajinasi anak-anak yang tidak terbatas. kemampuan imajinasi inilah yang apabila berkembang secara optimal akan menjadikan seseorang memiliki kemampuan berkreasi dan daya cipta yang tinggi. Mengambar adalah “kebebasan” bagi anak-anak (bebas berkreasi, berekspresi, dan berimajinasi) sehingga membantu anak-anak untuk menjadi dirinya sendiri.

PMR ini adalah PMR mula yaitu PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Dasar (10 – 12 tahun). Melalui kegiatan ekstra PMR ini peserta didik yang memiliki hobi, cita-cita menjadi petugas kesehatan dan berminat menjadi relawan dapat menyalurkan bakat di ekstra PMR. Bergabung diekstra PMR harapannya menjadikan peserta didik memiliki jiwa leadership dan sosial kemanusiaan yaitu menjadi model keterampilan hidup sehat bagi teman sebaya, mengenal berbagai macam obat-obatan, memberikan pertolongan pertama bagi orang lain, dan meningkatkan keterampilan serta kedisiplinan.

QIRO’AH – Membaca Al Quran merupakan salah satu bentuk ibadah. Kita disunahkan memperindah suara ketika membaca Al Quran karena mampu memiliki pengaruh yang dapat membuat hati semakin lembut, air mata mudah menetes, anggota badan menjadi khusyu’. Melalui kegiatan ekstrakurikuler qiro’ah Al Quran, peserta didik dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya dalam memperkaya dan memperluas wawasan dan pengetahuan terhadap Al Quran.

REBANA – El Musawwa adalah grup rebana SDIT Al Islam, sudah tampil diberbagai kegiatan, di Gedung DPRD Kudus maupun di SDIT sendiri, El Musawwa adalah seni musik Islam yang dipadukan dengan alat musik modern sehingga sangat tepat untuk anak-anak Islam masa sekarang. Rebana sebagai wadah untuk berdakwah mensyiarkan ajaran Islam melalui lantunan syair-syairnya dan mengembangkan bakat  anak dalam bidang seni. Jika putra-putri bapak memiliki kecenderungan  dibidang seni maka kelas rebana adalah kelas yang cocok bagi putra-putri Bapak/Ibu.

Renang – Kegiatan ekstra pada kelas renang lebih berorientasi pada pengoptimalan potensi peserta didik dibidang kinestatik. Titik beratnya adalah agar seluruh peserta didik ekstra renang dapat berenang dengan berbagai gaya. Renang merupakan salah satu skill yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk diajarkan kepada anak khususnya dan umat muslim umumnya. Kegiatan ekstra renang disamping untuk pendidikan karakter juga untuk mempersiapkan para peserta didik ke jenjang olahraga prestasi. Ekstra renang diikuti oleh siswa dan siswi SDIT Al Islam dengan tetap memperhatikan ketentuan tertentu. Berkat dorongan dan kerjasama yang harmonis antara wali peserta didik dan pelatih alhamdulillah dari tahun ke tahun SDIT Al Islam mengalami peningkatan prestasi pada kejuaraan POPDA renang tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

SCIENCE FANS CLUB (SFC) – Anak-anak kita akan memasuki zona tantangan, mencoba teori bahkan menemukan teori baru atau sedikit ledakan . Bergabunglah di SFC bersama-sama kita menjadi Einstein, Thomas Alfa Edison, Ibnu Sina, Al Faruqi, Ibnu Khaldun dll.

Tata boga merupakan kegiatan berbasis pada keterampilan hidup (life skill). Kelas tata boga bertujuan menyalurkan bakat peserta didik dalam teknik memasak, yang kreatif dan inovatif dalam mengolah bahan makanan menjadi menu yang sehat, lezat dan menarik. Para chef ayo bergabung di sini.

TIK – Ilmu adalah harta yang berharga. Dengan memiliki ilmu komputer kita akan semakin memahami isi dunia. Pemakaian ilmu komputer  saat ini sudah  terasa diberbagai bidang ( industri, perkantoran, pemerintahan, militer, dll ). Hal ini sepenuhnya disadari oleh pemerintah, sehingga pemerintah mencanangkan pengembangan pendidikan dasar sampai tinggi dalam bidang ilmu komputer yang merupakan salah satu program prioritas. Berdasarkan hal diatas kami mengajak peserta didik untuk segera bergabung di ekstra komputer sehingga diharapkan peserta ektra komputer memiliki kemampuan teknologi yang tinggi.